Cara Membuat Website yang menghasilkan uang

Cara Membuat Website yang menghasilkan uang

Cara Membuat Website yang menghasilkan uang merupakan issue utama dalam bisnis online, kenginan seperti ini tidak hanya pada para pebisnis online yang pemula.

Bahkan para klien perusahaan yang saya kelola website nya ( sebelum menjadi klien saya ) juga mengeluhkan tentang website perusahaan nya yang sama sekali tidak bisa menghasilkan penjualan untuk bisnis mereka.

Memang sangat di sayangkan apabila website yang sudah di buat dengan susah payah dan dengan biaya yang lumayan tinggi tapi tidak menghasilkan uang atau tidak menghasiklan penjualan sama sekali.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara fundamental terdahulu bagaimana Cara Membuat Website yang menghasilkan uang. saya tidak akan membahas cara tehnis nya terdahulu.

Mengapa ….?

Alasan saya menjelaskan secara fundamental terdahulu dikarenakan bila anda langsung mempelajari cara tehnis tanpa mengetahui fundamentalnya, maka sehebat apapun cara tehnis anda membuat website yang menghasilkan uang maka akan percuma dan sia sia saja.

Kesalahan ini sudah saya alami dan menyengsarakan bisnis saya selama 4 tahun. Percuma anda hebat di Tehnis tapi tidak mengerti fundamentalnya.

Fundamental – Cara Membuat Website yang menghasilkan uang

1. Apa Tujuan Bisnis anda ?

Inilah yang terutama yang harus ada.

Tanyakan pada diri anda , mengapa bisnis anda ada ? Untuk kebermanfaatan apa bisnis anda ? Untuk siapa manfaat dari produk dan jasa bisnis anda ?

1 HAL yang harus anda INGAT dan CAM kan baik baik….

Tujuan bisnis ketika membuat website bisnis bukanlah untuk menghasilkan uang, tapi……

Untuk membuat Website yang menghasilkan Uang haruslah mempunyai tujuan untuk kebermanfaatan orang lain.

Uang adalah akibat, dan penyebab anda bisa mendapatkan uang adalah manfaat yang anda bisa berikan kepada orang lain dalam bentuk produk dan jasa.

2. Ciptakan Value pada Produk dan Jasa Anda

Meskipun VALUE pada produk atau jasa yang anda jual bukanlah bagian langsung  secara tehnis dari pembuatan  website, Tapi VALUE Produk merupakan salah satu isi dari konten website bisnis anda.

Value adalah merupakan alasan utama mengapa seseorang memutuskan untuk membeli produk maupun jasa dari anda.

Mengapa Menciptakan VALUE pada produk dan jasa sangatlah penting ?

Berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika menjual jasa website desain, maupun mengelola Digital Marketing dari sebuah website bisnis milik klien perusahaan.

Jika anda mencoba memasarkan produk atau jasa yang tidak memiliki VALUE atau VALUE nya sangat kecil maka kemungkinan yang akan terjadi :

  1. Konsumen tak akan sama sekali membeli dari anda sama sekali
  2. Hanya sedikit yang membeli dari anda
  3. Pada awalnya banyak yang membeli dari anda, tetapi setelah itu penjualan menurun drastis ( Konsumen hanya membeli sekali dari anda, dan tidak mau membeli lagi )

Value merupakan nilai pada produk dan jasa anda. Harga bukanlah satu satunya yang jadi pertimbangan orang untuk membeli.

Bahkan pada produk dan jasa yang memiliki VALUE yang tinggi, anda bisa menjual dengan harga mahal dan tetap konsumen membeli dari anda.

Apa saja yang merupakan VALUE ?

  • Manfaat utama atau kualitas pada Produk atau Jasa ( Semakin banyak manfaat nya semakin bagus )
  • Packaging ( Kemasan )
  • Pelayanan ( Mudah, cepat, nyaman, ramah, dekat, dll )
  • Bonus
  • Garansi ( memberikan rasa aman pada konsumen )
  • dll

Untuk mempelajari bagaimana menciptakan VALUE pada produk atau jasa anda akan di bahas tersendiri dan mendalam  pada artikel yang lain.

3. Menentukan Segmentasi

Setelah menentukan VALUE apa yang ingin anda tawarkan pada calon konsumen, maka tugas penting lainnya adalah menentukan siapa yang menjadi segmentasi produk / jasa anda.

Dengan kata lain yang sederhana ” Siapa yang benar benar membutuhkan produk dan jasa anda ?”

Ingat ” Tidak semua orang yang membutuhkan produk / jasa anda” !!! JANGAN mencoba menjual produk anda kepada semua orang !!!

Bila anda mencoba menjual kepada semua orang, maka sama saja anda tidak menjual apapun.

Dengan menentukan Segmentasi akan bermanfaat buat bisnis anda seperti :

  1. Memudahkan anda dalam MENEMUKAN siapa calon konsumen yang prospektif
  2. Mengurangi banyaknya PENOLAKAN pada produk dan jasa yang anda tawarkan
  3. Memastikan bahwa TRAFFIC Pengunjung yang menuju Website anda adalah hanya WARM Customer atau HOT Customer yang akan dan benar benar tertarik pada produk anda

Apa saja yang perlu anda perhatikan dalam menentukan segmentasi buat Website Bisnis anda ?

#Demographi

Demographi konsumen biasanya meliputi :


#GeoGraphi

Tipe segmentasi yang satu ini mungkin menjadi yang paling sering diaplikasikan, dimana perusahaan menarget pasat berdasarkan letak geografis mereka.

Misalnya, Anda ingin memasarkan produk Anda untuk pasar Indonesia. Tentu tidak perlu rasanya Anda menarget negara-negara lain.

Namun, tak terbatas pada letak saja, Anda juga dapat membaginya dari kondiri geografis. Misalnya, wilayah perkotaan dengan pedesaan atau kawasan pegunungan dengan kawasan pantai.

#Sumber Traffic

Pembagian segmentasi pasar berdasarkan sumber Traffic yang disukai juga sangat penting untuk anda rencanakan. Sumber Traffic yang mana yang tepat untuk menghadirkan Calon WARM Customer atau HOT Customer ?

Google SEO 

Seperti yang anda ketahui, bahwa “Google pencarian” merupakan sumber informasi yang paling banyak di gunakan saat ini, termasuk calon konsumen anda.

Ketika calon Konsumen anda mencari produk dan jasa , Google juga merupakan Tools yang membantu konsumen untuk mempertemukan bisnis anda dengan konsumen anda.

Lalu Apa itu Google SEO ?

Google SEO adalah Tehnik bagaimana membuat website bisnis anda berada di halaman 1 Google pencarian ketika calon konsumen anda mencari informasi tentang produk atau jasa yang anda jual.

Dan kabar baiknya Google SEO ini tidak dikenakan biaya oleh Google.

Cara kerjanya adalah anda menargetkan suatu frase kata kunci pada website bisnis anda yang dimana kata kunci tsb memang akan dan sering diketikkan oleh calon konsumen anda di Google pencarian

Dibawah adalah contoh Google SEO :

SEO

 

Coba anda perhatikan contoh Google SEO diatas!

Ketika saya mengetikkan kata kunci “cara membuat warnet” maka google akan mencarikan website yang sesuai dengan keyword diatas.

Pertanyaan SATU JUTA DOLLAR :

Apakah Website bisnis anda muncul di halaman 1 Google ketika calon konsumen anda mengetikkan keyword produk atau jasa yang anda jual di Google pencarian ?

Google Adword

Fitur iklan Google ini sangat powerfull bila di bandingkan Google SEO. Google Adword tidak hanya menarget calon konsumen dengan Kata Kunci tapi juga bisa berdasarkan lokasi, minat.

Tentunya Fitur Iklan Google ads adalah berbayar dan juga kelebihan nya jauh diatas Google SEO

Ini Adalah contoh Google Adword di Google Pencarian :

Google Adword untuk Traffic Website

Biasanya Iklan Google Akan muncul di atas halaman pencarian setelah calon konsumen anda mengetikkan keyword pada Google pencarian.

Media Sosial

Media Sosial selain merupakan sumber traffic tapi juga punya segmentasi yang berbeda.

Pengguna Instagram dan LinkedIn misalnya, Instagram biasanya didominasi oleh anak muda gaul kekinian sedangkan akun LinkedIn kebanyakan dibuat oleh orang-orang yang ingin membangun relasi kerja dan sebagainya.

FB ads & Instagram Ads

ini juga merupakan fitur iklan berbayar dari Facebook, dimana model iklan satu ini akan muncul di layar utama Facebook dan Instagram anda.

Bahkan model iklan ini bisa muncul di notifikasi mobile phone calon konsumen bila Facebook maupun instagram mereka terkoneksi di mobile phone mereka.

EMAIL

Jangan remehkan email !!!! Email merupakan cara yang paling murah dan efektif dalam menghadirkan TRAFFIC ke website bisnis anda. Dan yang mesti di ingat !!!

Email selalu terkoneksi ke mobile phone calon konsumen anda.

#Perangkat Media

Perlu juga anda perhatikan apakah anda mentargetkan pengunjung website anda merupakan pengguna komputer atau mobile phone, atau mungkin bahkan keduanya.

Kalau anda memang juga mentarget para pengguna mobile phone pastikan website anda mempunyai fitur ” Responsive” dimana tampilan website anda bisa menyesuaikan ukuran masing masing screen mobile phone maupun ukuran monitor komputer calon konsumen anda.

Jasa Pembuatan Website Balikpapan

4. Merencanakan GOAL dan KONVERSI pada Website Bisnis Anda

Inilah yang seringkali menjadi kesalahan fatal utama pada kebanyakan website bisnis. Rata rata banyak perusahaan besar maupun pengusaha kecil tidak menentukan dengan jelas “APA GOAL UTAMA” yang di inginkan pada website bisnisnya.

Kalau ditanya GOAL apa yang di inginkan pada website binisnya, kebanyakan mereka akan berkata ” ya tentunya penjualan !!”

Di Website Bisnis, Penjualan Bukanlah merupakan “GOAL” tapi adalah “KONVERSI”.

Lalu apa perbedaan antara GOAL dengan KONVERSI ? dan Apa itu KONVERSI ?

Dalam Istilah Digital Marketing KONVERSI adalah hasil yang di inginkan terjadi pada website bisnis anda, sementara GOAL adalah elemen yang diharapkan terjadi yang mengarah pada KONVERSI.

Bahasa sederhananya KONVERSI adalah akibat dan GOAL adalah penyebab terjadinya KONVERSI. Saya akan berikan contoh dan penjelasan lebih dalam lagi.

Misalkan KONVERSI nya adalah anda menginginkan agar konsumen anda melakukan pembelian di website toko online anda…….

maka GOAL nya adalah konsumen anda menekan tombol BELI pada salah satu produk yang ada di website toko online anda.

Dan agar calon konsumen anda mau menekan tombol beli, tentunya Penawaran VALUE dari produk anda haruslah sangat menarik bagi calon konsumen anda.

Dalam Website bisnis sebaiknya terdapat 2 macam KONVERSI yaitu :

  • MAKRO KONVERSI dan
  • MIKRO KONVERSI

Misalkan anda punya website Toko Online dan anda menginginkan terjadi penjualan maka konsumen yang menekan tombol beli adalah merupakan MAKRO KONVERSI karena ini adalah tujuan utama wesbite bisnis anda.

Sedangkan bila seseorang calon konsumen ingin mendapatkan kupon diskon dan kemudian dia melakukan pendaftaran dengan mengisi form serta setelah itu dia menekan Tombol

Untuk pendalaman mengenai MAKRO dan MIKRO KONVERSI silahkan lihat di Artikel 4 Tahap Penyebab Website Berhasil Melakukan Penjualan

Manfaat dengan menetapkan Mikro Konversi diharapkan akan memperbesar jumlah dan kemungkinan terjadinya Makro Konversi pada website bisnis anda.

5. Buat KPI Website Bisnis Anda

Setelah anda menetapkan KONVERSI dan GOAL pada website bisnis anda, kini saat nya anda membuat perencanaan pengukuran kinerja pada website bisnis anda.

Atau bahasa keren nya Website KPI ( Key Performance Indicator ).

Dengan manfaat Website KPI, anda mulai menetapkan ukuran standar apakah website anda :

  1. Memiliki kinerja yang baik dalam mencapai GOAL dan KONVERSI yang sudah anda tetapkan pada website bisnis anda.
  2. Mengalami masalah tehnis seperti Link Putus sehingga anda bisa segera melakukan Trobleshooting

Dibawah adalah contoh sebuah Website KPI pada website www.tfqarsitek.com

 

Seperti yang anda lihat diatas, TFQ arsitek mempunyai taktik 2 Taktik MAKRO KONVERSI yang bertujuan untuk penjualan Jasa desain rumah yaitu :

  1. Calon Konsumen Menghubungi TFQ Arsitek
  2. Calon Konsumen Mengunjungi kantor TFQ Arsitek

sementara 2 MIKRO KONVERSI lainnya yang bertujuan untuk mengedukasi calon konsumen berupa:

  1. Calon konsumen berinteraksi membaca artikel di blo website TFQ Arsitek
  2. Calon konsumen bisa mengetahui hasil kerja yang penah di kerjakan oleh TFQ Arsitek

Mari kita bahas lebih dalam bagaimana penerapan website KPI TFQ Arsitek

Taktik MAKRO Konversi agar Konsumen menghubungi TFQ Arsitek :

  • GOAL pertama nya adalah mendatangkan sebanyak mungkin Traffic Calon Konsumen yang tertarget segmentasi nya langsung menuju ke Landing Page “Jasa Desain Rumah Balikpapan”. Dimana Landing page tsb berisi Copywriting dari VALUE jasa tsb.
  • GOAL keduanya bila calon konsumen yang mendatangi landing page tsb dan setelah membaca Copywriting diharapkan akan tertarik untuk menghubungi TFQ Arsitek dengan cara menekan Tombol Telpon atau Tombol WA yang telah di persiapkan di landing page tsb.

Maka KPI nya bila di lihat secara Website SALES FUNELLING akan seperti gambar di bawah ini

Bila anda melihat gambar KPI MAKRO KONVERSI diatas, Penjelasan lebih rinci seperti ini :

  1. Semakin banyak jumlah Traffic yang berkualitas semakin banyak yang melihat halaman “Jasa desain Rumah TFQ”
  2. Semakin banyak yang melihat dan tertarik dengan value dan copywriting pada halaman “Jasa desain Rumah TFQ” maka akan semakin banyak yang menghubungi TFQ
  3. Semakin banyak yang menghubungi TFQ, maka akan semakin banyak janji ketemu dengan calon konsumen.
  4. Semakin banyak janji ketemu dengan calon konsumen pastinya juga semakin banyak pula penawaran yang di berikan TFQ pada Calon konsumen.
  5. Semakin Banyak penawaran dari TFQ yang berhasil , tentunya juga akan semakin banyak hasil penjualan TFQ Arsitek

KPI MAKRO KONVERSI diatas terjadi di website TFQ hanya mulai dari langkah 1 s/d 3.

Sedangkan keberhasilan langkah 4 dan 5 ditentukan oleh kepiawaian Sales TFQ dalam melalukan Closing penjualan ketika bertemu langsung dengan calon konsumen.

Tanpa suskesnya langkah 1 s/d 3, maka mustahil langkah 4 dan 5 bisa terealisasi.

Taktik MAKRO Konversi agar Konsumen mengunjungi kantor TFQ Arsitek :

  • GOAL pertama nya adalah mendatangkan sebanyak mungkin Traffic Calon Konsumen yang tertarget segmentasi nya langsung menuju ke Landing Page “Jasa Desain Rumah Balikpapan”. Dimana Landing page tsb berisi Copywriting dari VALUE jasa tsb.
  • GOAL keduanya bila calon konsumen yang mendatangi landing page tsb dan setelah membaca Copywriting diharapkan akan tertarik untuk mengunjungi kantor TFQ Arsitek dengan cara mengunjungi Halaman Kontak kami.
  • Goal Ketiganya adalah setelah calon konsumen mengunjungi  Halaman Kontak kami, maka mereka akan melihat peta lokasi kantor  TFQ arsitek di Google Map yang sudah dipersiapkan di halaman kontak kami tsb.

Pertanyaan: Mengapa Kedua MAKRO KONVERSI yang bertujuan untuk penjualan di arahkan utk menghubungi atau mengunjungi kantor TFQ Arsitek ???

Transaksi Penjualan bukanlah terjadi di Website Bisnis TFQ Arsitek seperti Toko Online. Karena Jasa Desain rumah bukanlah seperti menjual pakaian satuan atau makanan.

Jasa Desain Rumah memerlukan diskusi khusus antara TFQ dengan pengguna Jasa. Biasanya strategi MAKRO KONVERSI seperti ini di gunakan untuk menjual produk atau jasa yang CUSTOM atau nilai harganya cukup mahal atau jumlah pemesanan yang sangat banyak.

Taktik MIKRO Konversi agar Konsumen mengunjungi BLOG artikel :

  • GOAL pertama nya adalah mendatangkan sebanyak mungkin Traffic Calon Konsumen yang baru dan terus mengupdate Konsumen lama ke Blog Artikel.   ( Tolok ukurnya adalah peningkatan jumlah User lama dan user baru yang berkunjung ke blog )
  • GOAL keduanya adalah baik calon konsumen baru atau yang lama adalah berapa lama mereka menghabiskan waktu mereka di Blog artikel ( Tolok ukurnya adalah DURASI. semakin lama mereka membaca suatu artikel pada blog berarti itu menunjukkan bahwa kualitas dari artikel sangatlah baik dan itu juga berarti User yang membaca artikel merupakan calon konsumen yang tepat dan sudah tersegmentasi dengan baik).

Taktik MIKRO Konversi agar Konsumen mengunjungi Halaman Portofolio :

  • GOAL pertama nya adalah mendatangkan sebanyak mungkin Traffic Calon Konsumen yang tertarget segmentasi nya langsung menuju ke halaman Hasil Kerja
  • GOAL keduanya juga adalah durasi lamanya user atau calon konsumen membaca dan melihat galery hasil kerja TFQ arsitek

Lalu bagaimana menyusun sebuah KPI website bisnis ? Silahkan anda membaca Artikel Perencanaan Strategi Pemasaran Bisnis Online

6. Desain Website Bisnis Anda sesuai Kebutuhan Segmentasi anda

Sekarang saat nya anda dan tim bisnis anda mendesain sebuah website bisnis yang mempresentasikan tentang bisnis dan produk anda.

Hanya saja yang sangat di sayangkan masih banyak salah persepsi tentang “mempresentasikan tentang bisnis dan produk anda”.

Loh …maksudnya bagaimana sih. Bukannya harusnya begitu ?

Pemahaman yang benar tentang mendesain website bisnis adalah bahwa Website anda harus di buat hanya untuk kebermanfaatan Calon Konsumen yang mengunjungi website bisnis anda.

Ini adalah masalah sudut pandang..!!

Gunakanlah sudut pandang konsumen dalam mendesain bisnis anda, dan bukannya dari sudut pandang anda sendiri.

Bagaimana dan apa perbedaan desain website antara sudut pandang sendiri di bandingkan dengan sudut pandang Konsumen ?

Perbedaan utama nya adalah pada isi konten website bisnis tersebut. Pernah ada teman saya bertanya dan meminta bantuan saya untuk menganalisa website bisnis nya.

Dia bertanya ” Mengapa website bisnis nya banyak pengunjungnya tapi tidak ada sama sekali calon konsumen yang menghubunginya tentang produk dan jasa yang dia tawarkan di website bisnisnya.”

Setelah saya analisa ternyata isi website nya secara umum seperti ini :

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Produk kami
  • Penghargaan yang telah kami capai
  • Kontak Kami

Ya…isi konten pada website bisnis nya semuanya adalah KAMI….KAMI…dan KAMI….Semuanya adalah AKU….AKU…AKU. semuanya menggunakan sudut pandang dari diri sendiri.

Biasanya website seperti ini banyak di jumpai pada website Company Profile. Kekurangannya pada isi website bisnis seperti ini adalah sama sekali tidak berempati pada masalah konsumen.

Sehebat dan seindah apapun Website bisnis anda, bila isi nya sama sekali tidak mempedulikan apa yang di inginkan pembaca maka GOAL dan KONVERSI yang anda inginkan tidak akan terjadi pada website bisnis anda.

Contoh nya bila website toko online anda menjual kerudung tentulah akan lebih di minati bila anda juga memberikan tutorial panduan menggunakan kerudung tsb.

Tentunya bagi wanita yang baru mau hijrah menggunakan kerudung akan merasa sangat terbantu, bila dia mendapatkan panduan cara menggunakan kerudung agar bisa tampil cantik dan menarik menggunakan kerudung yang dia beli dari anda.

Mendesain website bisnis haruslah sesuai dengan Tujuan Bisnis anda, hal ini sudah anda baca di bagian pertama diatas.

Desainlah Website bisnis dengan isi konten yang sesuai dengan kebutuhan segmentasi bisnis anda. Untuk mempelajari cara membuat konten untuk isi website bisnis anda, Silahkan mempelajari panduan konten marketing

7. Promosikan Website Bisnis Anda

Kini saatnya anda mempromosikan website bisnis anda, gunakan cara seperti pada segmentasi #Sumber Traffic, hadirkan Traffic kunjungan dari calon konsumen anda menggunakan :

  • Google SEO
  • Google Adword
  • Facebook Group
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Endorse
  • Email Marketing
  • You Tube, dll

Cara mempromosikan website secara tehnis akan masing masing di perdalam dalam artikel yang lain.

Jalankan Iklan Online anda sesuai dengan perencanaan Website KPI yang telah anda tetapkan.

8. Analisa KPI dari GOAL dan Konversi Website Bisnis Anda

Pada akhirnya kita harus menganalisa apakah Kinerja website bisnis anda sesuai dengan KPI yang sudah di tentukan sebelumnya.

Disini saya menggunakan Tools Analisa yang sangat Powerfull yaitu Google Analytic yang mampu memberikan Lpaoran kinerja Website bisnis secara detail.

Data apa saja yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Google Analytic?

Inilah macam laporan yang bisa anda dapatkan :

  1. Audience ( Mengukur Demographi Pengunjung website )
  2. Akuisisi ( Mengukur Sumber Traffic yang mana yang paling berkualitas )
  3. Behaviour ( Perilaku Pengunjung ketika berada di website anda)
  4. Konversi ( Mengukur apakah MAKRO dan MIKRO KONVERSI anda Tercapai )

Dengan mengetahui data hasil analisa pengukuran Website Bisnis anda maka anda :

  • Melacak Perilaku online yang mengarah ke pembelian dan menggunakan data tsb untuk mengambil keputusan tentang cara menjangkau pelanggan lama dan pelanggan baru.
  • Akan menganalisa, kampanye iklan mana yang paling efektif dalam menghasilkan KONVERSI.

INGAT….!!!

Semua data ini akan bermanfaat bagi anda ketika anda berniat menambah , memperluas dan memperbanyak Traffic Calon Konsumen yang :

  1. Membutuhkan Produk dan jasa anda
  2. Menginginkan Produk dan jasa anda
  3. Mampu membeli Produk dan jasa anda

Sehingga Website bisnis anda selalu bertambah omset penjualan nya dari bulan ke bulan. Inilah tujuan anda melakukan Analisa pengukuran KPI pada website bisnis anda

Jika anda ingin mempelajari cara menggunakan Google analytic untuk mengukur Kinerja Website Bisnis anda di Artikel Cara Mengukur Kinerja Website dalam menghasilkan Penjualan

Saya siap untuk Di Ajak Diskusi

Demikian sekilas penjelasan tentang Cara Membuat Website yang menghasilkan uang. semoga bermanfaat bagi anda.

Dan bila anda ingin mendiskusikan dengan saya, bagaimana mendesain website yang bisa menghasilkan penjualan minimal 100 juta pertahun silahkan menghubungi saya dengan menekan tombol dibawah ini :

Hubungi Via Telp Hubungi Via WA

Cara Membuat Website yang menghasilkan uang

Comments are closed.

//]]>