Cara Mendapatkan Traffic Website

Cara Mendapatkan Traffic Website

Cara Mendapatkan Traffic Website

Anda harus tahu Cara Mendapatkan Traffic Website kalau anda memang serius dengan Website Bisnis Anda.

Kesalahan utama adalah Banyak sekali Para pemilik website Mengira bahwa ketika sudah memiliki website maka dengan sendirinya calon konsumen akan mudah menemukan Website Bisnis Anda.

Inilah yang sering saya tanyakan pertama kali kepada pemilik website : Berapa Banyak Pengunjung website Anda ???

Dan Mayoritas pemilik website mengatakan tidak tahu. Bahkan lebih parah ternyata tidak ada calon konsumen yang mengunjungi Website bisnis Anda melainkan Anda sendiri dan karyawan anda saja yang rajin membuka website bisnis anda.

Jadi Kebanyakan pemilik website hanya sekedar membangun website dan kemudian menunggu, menunggu tanpa usaha.

Bila Website bisnis anda juga begitu, Anda tidak sendirian. Dari hampir 56 juta situs di web, kurang dari 500.000 dari mereka memiliki TRAFFIC nyata. Izinkan saya mengatakan dengan cara lain. Ada lebih dari 55 ½ juta Website di Internet yang gagal total karena mereka tidak memiliki TRAFFIC real. (Pengunjung website).

Jadi jika Anda telah menjadi salah satu dari 55 ½ juta itu, jangan khawatir, hal itu terjadi pada kita semua.

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkan Traffic Website ?

Sebelum saya jelaskan Cara Mendapatkan Traffic Website, perlu anda Ketahui bahwa Sumber Traffic itu ada 3 :

  • Traffic Milik Sendiri
  • Traffic Yang Bisa Di kontrol
  • Traffic Yang Tidak Bisa Di kontrol

Sekarang saya Jelaskan masing masing dan Cara Mendapatkan Traffic Website dari 3 sumber Traffic tersebut.

Traffic Milik Sendiri

Satu satunya Traffic Milik sendiri itu adalah List Email data base anda, Bisa merupakan email Teman teman anda maupun Email klien bisnis anda sebelumnya. Saya sendiri aktif menggunakan Email data base untuk mendapatkan konsumen maupun calon konsumen.

Dengan Email data base yang anda miliki, anda bisa mengirimkan email yang terdapat link Website bisnis anda. sehingga orang yang membuka email anda bisa meng klik email tautan yang akan membawa mereka ke website bisnis anda.

Loh….tapi kan orang Indonesia jarang Buka Email !!

Saya sangat tidak sependapat dengan pernyataan ini. Karena tidak menggunakan data. Email sangatlah di butuhkan dalam Bisnis Online. Baik Kita sebagai Pemilik Bisnis Online maupun Konsumen anda.

Coba anda ingat kembali….ketika anda mendaftar WhatsApp, Facebook, Tokopedia, Bukalapak, dan berbagai media sosial dan e-commerce lainnya. semuanya menggunakan EMAIL !!

Pengalaman pribadi saya, dalam menggunakan Email sangat powerfull dalam menghadirkan TRAFFIC ke Website Bisnis Saya. dan 75% Transaksi closing menggunakan Email Marketing di Bisnis Saya.

Traffic Yang Bisa Di Kontrol

Kebanyakan Traffic model seperti ini adalah berbayar seperti :

1.Facebook Ads

 

Facebook Ads untuk Traffic Website

Facebook Ads untuk Traffic Website

Beriklan menggunakan Facebook Ads sangat Ampuh untuk menghadirkan Traffic Ke website Bisnis Anda, bahkan anda bisa menargetkan berdasarkan:

  • Umur
  • Lokasi ( Kota, propinsi, negara )
  • Gender
  • Hobby / Kesukaan ( interest )
  • Pekerjaan
  • Status
  • Agama
  • dll

Facebook Ads lebih cocok kalau anda ingin mengiklankan Website Bisnis anda langsung kepada Calon konsumen individu personal secara pribadi. Karena Facebook memang memiliki database pengguna secara individu.

Facebook juga menyediakan fasilitas Fanpage yang bisa di integrasikan ke Website bisnis anda dan ini GRATISS. Facebook juga bisa mendata pengunjung pada Website Bisnis anda dengan cara menginstallkan Facebook pixel ke Website Bisnis Anda.

Facebook Pixel akan mendata secara Detail di Website Bisnis anda tentang :

  • Siapa saja yang datang ke Website Bisnis Anda
  • Siapa Saja yang tertarik pada halaman / artikel tertentu di Website Anda

Data Facebook pixel ini Akan di kumpulkan di FAcebook Audience. Untuk bisa mendapatkan fasilitas Facebook Pixel dan Facebook Audience anda cukup mendaftar GRATISS ke Facebook Bisnis

2.Google Adword.

Google Adword untuk Traffic Website

Google Adword untuk Traffic Website

Banyak orang menelusuri di Google Pencarian untuk mencari informasi produk , jasa atau bisnis. Dan tentu saja yang menjadi pertanyaan adalah

APAKAH ketika calon konsumen anda sedang menelusuri di Google Pencarian akan menemui Website Bisnis Anda ?

Itulah Pertanyaan 1 JUTA DOLLAR nya….^_^

Cara kerjanya seperti ini,

sekarang saya mengetikkan KEYWORD ( kata kunci ) di Google Pencarian seperti “google adword”. Google akan menampilkan Data data Website Bisnis sesuai dengan Keyword yang diketikkan.

Biasanya calon konsumen anda hanya melihat di halaman pertama Google saja yang dimana hanya 10 saja yang ditampilkan Google Per halamannya.

Dan pastinya di mulai dari yang beriklan di Google menggunakan Google Adword. Pada gambar di atas, yang saya beri warna kotak merah itulah yang menggunakan Google Adword yang dimana ada tulisan ad.

Sementara yang di luar kotak merah itu menggunakan Google SEO yang nanti akan saya jelaskan lebih lanjut di artikel ini juga.

Google Adword akan melaporkan data berapa banyak orang yang melihat iklan anda dan berapa banyak yang mengklik iklan anda. Jadi biayanya adalah per Klik

PERHATIAN…Untuk Penggunaan TRAFFIC yang bisa di kontrol

Pada dasarnya anda bisa mengukur sumber Traffic model ini. Tapi yang harus Di INGAT !!! Bila anda menggunakan Traffic yang bisa di kontrol, maka Semakin Banyak TRAFFIC yang datang ke website anda Semakin besar BIAYA nya.

Perlu diketahui cara bijak menggunakan Traffic yang bisa di kontrol ini. Memang sangat Powerfull untuk menghadirkan Traffic ke Website, tapi harus pintar dalam mengelolanya karena erat hubungan nya dengan biaya.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan 2 jenis Traffic yang bisa di kontrol ini, baik Google Adword dan Facebook ads untuk traffic Website.

Semakin Banyak Iklan anda di lihat tapi yang klik link iklan anda sedikit, maka biaya per Traffic nya Mahal.

Sebaliknya Semakin Banyak Iklan anda di lihat dan yang klik link iklan anda juga banyak, maka biaya per Traffic nya semakin murah.

Di sini yang menariknya…..semakin mahal biaya per Traffic nya itu berarti Google dan Facebook ingin memberitahu bahwa iklan kita tidak menarik bagi calon konsumen kita.

dan bagusnya kita bisa menghentikan setiap saat tayangan iklan kita, bila dirasa tidak efektif dan tidak efisien. Agar kita bisa memperbaiki dulu Iklan kita sebelum beriklan lagi

Agar iklan anda efektif dan efisien sehingga banyak traffic dan biaya menjadi murah per Trafficnya, Inilah yang harus anda lakukan :

  • Untuk Facebook Ads Traffic Website :
  1. Buat Headline Iklan Yang menarik perhatian
  2. Gambar Iklan yang menarik
  3. Penawaran Yang Menarik
  4. Ajakan ( Call To Action ) yang menarik
  • Untuk Google Adword
  1. Riset Keyword yang sering di ketikkan Calon konsumen Anda.
  2. Deskripsi Iklan yang Menarik

Agar iklan anda efektif dan efisien memerlukan banyak praktek dan latihan, tidak mungkin langsung bisa. Dan itu adalah wajar, semua bisnis mengalaminya.

TRAFFIC yang Tidak Bisa Di Kontrol

Traffic model ini bisa kita dapatkan dengan Menggunakan :

1. Media Sosial

  •  Facebook ( Akun Pribadi, Facebook Grup milik kita maupun Orang lain, Fanpage, Messenger)
  • WhatsApp ( Broadcast, WA Group )
  •  Line
  • Twitter
  • LinkdIn
  • Instagram
  • Telegram ( Broadcast, Telegram Group, Telegram Channel )
  • Youtube Pribadi
  • Dll

2. SEO

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat Websiet Bisnis Anda berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Contoh SEO

Saya pernah mebuatkan Website Teman dengan artikel yaitu “cara membuat jaringan warnet”, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO, saya mentarget kata kunci “cara membuat jaringan warnet”.

Setelah saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut.

SEO

SEO

Untuk Bisa Menjalankan SEO Di Website Bisnis Anda benar benar di butuhkan pengetahuan dan keahlian. Tidak semua Website Designer mengerti tentang SEO.

Biasanya seorang Internet Marketer yang bisa mendesain dan mengelola Websitelah yang paling mengerti Tentang SEO.

Perbedaan SEO VS Google Adword

  • SEO Gratiss VS Google Adword Berbayar
  • SEO perlu waktu utk peringkat 1 di Google VS Google Adword begitu aktif langsung di peringkat 1 Google
  • SEO permanen VS google adword begitu deposit atau quota iklan habis, saat itu juga kita tidak di peringkat 1 google lagi

Seperti yang saya jelaskan diatas kabar baiknya, baik Media sosial maupun SEO adalah GRATISSSS !!! Tidak ada biaya yang kita keluarkan untuk mendapatkan TRAFFIC ke Website Bisnis anda.

CUMA…..sayangnya Traffic yang tidak bisa di Kontrol ini

TIDAK BISA DI UKUR, APALAGI DI ATUR.

Kita tidak bisa menentukan berapa banyak Traffic yang mau kita dapatkan. Tapi meskipun tidak bisa di ukur, jangan anggap remeh Traffic yang tidak bisa Di Kontrol ini.

Saya pribadi banyak mendapatkan Traffic ke Website Bisnis Saya dari Traffic yang tidak bisa Di Kontrol ini.

3. Endorse

Nah …yang satu ini merupakan Traffic yang Tidak Bisa Di Kontrol tapi BERBAYAR !!

Contoh Endorse

Saya punya rumah makan, kemudian saya minta seseorang Blogger atau Vloger terkenal untuk memuat artikel maupun video rumah makan saya ke Blog atau Vlog Mereka.

Agar mereka mau memuat artikel Rumah makan saya ( karena ini permintaan ) tentunya saya harus bayar.

Kalau di Instagram biasanya, kita mengirimkan produk kepada artis kemudian minta dia mencoba produk kita dan selfie dgn produk kita, dan di upload ke instagram artis tsb.

Tapi apakah mereka bisa menjamin berapa banyak traffic yang akan datang ke Website Bisnis kita ???

TIDAK ADA GARANSI…..

Demikian Cara Mendapatkan Traffic Website dari ke tiga jenis Traffic ini.

Rahasia Mengelola Traffic

Tidak hanya cara mendapatkan Traffic untuk Website Bisnis Anda, tapi mengelola Traffic juga tidak kalah penting. Kebanyakan para pemilik website tidak bisa atau tidak tahu caranya.

Apa yang dimaksud dengan Mengelola TRAFFIC ??

Pada dasarnya anda akan kesulitan mendapatkan data secara spesifik siapa sebenarnya individu yang mengunjungi Website Bisnis anda.

Dengan mengetahui jelas siapa yang berkunjung ke Website Bisnis anda, anda akan berpeluang mendatangkan kembali orang yang benar benar sama ke Website Bisnis anda. ( Di samping anda terus mencari Traffic Baru )

Hal ini bisa anda manfaatkan untuk :

  1. Mentarget ulang calon konsumen yang sudah Interest tapi belum membeli.
  2. Mempermudah untuk mendapatkan Repeat order kepada Konsumen yang sudah membeli
  3. Menawarkan Produk yang lain atau yang baru kepada Konsumen setia.

Lalu…. Apa Rahasianya …?

Baik anda menggunakan Traffic yang Bisa di Kontrol atau Traffic yang Tidak Bisa di Kontrol, Segera Rubah keduanya Menjadi Traffic Milik Sendiri.

Ya….Itu Rahasianya.

Karena Hanya Traffic Milik Sendiri lah yang benar benar bisa di kontrol dan biayanya paling murah sekali dibandingkan Kedua lainnya. Dan Juga Bukan Traffic Milik sendiri yang masih mentah.

Melainkan Traffic Milik sendiri yang sudah melalui :

  1. Proses Interest
  2. Proses Interaksi
  3. Proses Buy ( Membeli )

Tools yang saya gunakan untuk mendapatkan atau merubah Traffic yang Bisa di Kontrol atau Traffic yang Tidak Bisa di Kontrol Menjadi Traffic Milik Sendiri adalah :

  • Email Marketing Server

Saya akan menjelaskan lebih detail tentang mengelola Traffic Milik sendiri di artikel yang lain, tapi masih di serial Artikel ini.

Intinya Anda selaku Pemilik Website Bisnis akan mendapatkan keuntungan yang besar dan nantinya hanya mengeluarkan biaya Traffic yang semakin lama semakin kecil, dengan mengelola TRAFFIC milik sendiri.

3 Macam Konsumen

Nah….ini juga paling banyak yang tidak diketahui oleh pemilik Website Bisnis. Traffic yang anda dapatkan dari 3 Traffic tersebut akan menghadirkan 3 macam Konsumen :

  1. Konsumen Dingin
  2. Konsumen Hangat
  3. Konsumen Panas

Masing masing jenis Konsumen sangatlah berbeda cara perlakuan kita….

Begitu juga Website Bisnis anda haruslah bisa mengakomodir ketiga jenis konsumen ini. Dengan cara apa ???

Dengan Menggunakan Content Marketing !!! Apa saja Content Marketing Itu ?

  1. Content Awareness ( Perhatian )
  2. Content Consider ( Pertimbangan )
  3. Content Product ( Produk )

Baik Ketiga jenis konsumen ini akan kita saring dengan sales Funnel menggunakan Ketiga jenis Content marketing. yang lebih tepatnya seperti ini :

  1. Content Awareness -> Konsumen dingin | Untuk Mendapatkan INTEREST dari TRAFFIC
  2. Content Consider -> Konsumen Hangat | Untuk Mendapatkan INTERAKSI dari INTEREST
  3. Content Product -> Konsumen Panas | Untuk Mendapatkan BUYER ( Pembeli ) dari INTERAKSI

Mungkin anda bertanya dari Traffic yang mana ketiga jenis konsumen ini masing masing berasal ? dan siapa sih indetitas sebenarnya dari ketiga jenis konsumen ini masing masing ?

Saya akan menjelaskan semuanya beserta strategi content marketing di setiap tingkatan Sales Funnel untuk mengelola ketiga jenis konsumen ini di :

  1. Mendapatkan Interest dari Traffic
  2. Mendapatkan Interaksi dari Interest
  3. Konversi Interaksi menjadi Transaksi

KESIMPULAN

Jadi alasan Pertama Cukup sederhana, sebuah website dengan sedikit atau tidak ada lalu lintas sama sekali adalah sebuah kegagalan.

Tanpa TRAFFIC di website Anda, maka bagaimana mungkin Calon konsumen bisa menghubungi Anda atau berbisnis dengan Anda?

Bagaimana mereka bisa mengetahui tentang penawaran atau produk Anda? Bagaimana mereka akan tahu di mana Anda berada dan mengetahui bahwa Anda memiliki hal yang tepat yang mereka cari?

Pastikan anda maupun Tim anda memahami Cara Mendapatkan Traffic Website untuk Website Bisnis Anda.

Bila anda merasa bermanfaat, segera share artikel ini kepada teman Bisnis anda yang lain

Cara Mendapatkan Traffic Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//]]>