Strategi Website Yang Menghasilkan Penjualan

Strategi Membuat Website Yang Menghasilkan Penjualan

Strategi Website Yang Menghasilkan Penjualan

Adapun alasan saya membuat Strategi Website Yang Menghasilkan Penjualan ini karena rasa prihatin saya terhadap Banyaknya website website perusahaan maupun organisasi yang dengan sengaja tidak diperpanjang ( Expired ) oleh pemiliknya.

Alasannya Sederhana :

TIDAK ADA PENJUALAN Melalui WEBSITE

Kedengarannya masuk akal….tapi bagi saya selaku Internet Marketer, saya tidak menerima pernyataan tersebut begitu saja.

Pastilah ada penyebabnya….Mengapa Sebuah Website Bisnis tidak menghasilkan Penjualan.

Ibarat Toko di dunia Offline, Website juga memerlukan Marketing untuk memasarkan Website Bisnis Anda. Setiap Bisnis selalu mempunyai yang namanya SALES FUNNEL termasuk Website bisnis Anda.

Banyak Pemilik Website tidak tahu seperti apa Sales Funnel dalam Bisnis Online. Dan tentu saja tidak tahu bagaimana cara kerja Sales funnel tsb terhadap Website Bisnis Mereka.

Di bawah adalah Gambar Sales Funnel Standar di Bisnis Online.

Website Funelling

TRAFFIC -> INTEREST -> INTERACTION -> BUY -> REPEAT ORDER

Kalau anda lihat gambar sales funnel diatas, bentuknya merupakan segi tiga terbalik. Cara kerja Sales Funnel seperti saringan yang berlapis.

Tentu saja dari Traffic Hingga terjadi transaksi jumlahnya akan semakin sedikit. Sales Funnel akan hanya menyisakan calon konsumen yang benar benar serius bertransaksi dengan bisnis anda.

Setiap lapis dari Sales Funnel akan memberikan Data yang spesifik, yang akan menjadi tolak ukur kinerja Website Bisnis anda hingga menghasilkan transaksi.

Anda akan tahu bagian Website yang Mana yang perlu di tingkatkan atau diperbaiki agar bisa menghasilkan Penjualan.

Kalau anda tidak mendapatkan data dari setiap lapis Sales Funnel bagaimana mungkin anda bisa mengukur sehingga anda bisa mengatur atau memperbaiki kinerja Website Bisnis Anda ?

Seperti Kata Mentor saya :

Semua yang bisa di ukur maka akan bisa di atur

Tentunya anda bisa menggunakan beberapa Tools Online untuk mendapatkan data dari setiap lapisan Sales Funnel Website Bisnis Anda, seperti :

  1. Facebook Audience dan Facebook pixel
  2. Google Analyst
  3. Email Marketing Server

Proses Berpikir menggunakan Sales Funnel seperti ini :

  • Bagaimana Mungkin ada orang mau order ulang ke anda kalau calon konsumen anda belum pernah bertransaksi dengan Website Bisnis anda ?
  • Apakah Mungkin orang bertranksasi ke anda kalau mereka belum pernah berinteraksi dengan Website Bisnis Anda ?
  • Calon Konsumen anda Berinteraksi dengan Website bisnis anda? Tertarik ( Interest ) Saja tidak, boro boro Interaksi.
  • Bagaimana anda tahu ada tidaknya Orang yang tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan di website Bisnis anda kalau tidak ada pengunjung ( Traffic )ke Website Bisnis Anda?

Tidak Ada TRAFFIC -> Tidak Ada INTEREST -> Tidak Ada INTERACTION -> Tidak Ada BUY -> Tidak Ada REPEAT ORDER

Inilah penyebab utama mengapa kebanyakan Website Bisnis Tidak menghasilkan Penjualan.

Sebelum kita masuk ke Strategi Website Yang Menghasilkan Penjualan, ada yang ingin saya tanyakan kepada anda selaku pemilik Website Bisnis.

  1. Apakah Website di buat dan di kelola oleh anda dan tim anda sendiri ATAU di buat dan di kelola oleh pihak ketiga ( orang lain )?
  2. Apakah anda punya Akses untuk mengelola Website Bisnis Anda sendiri ?

Sebisa Mungkin Buatlah dan Kelola Website Anda

Saya sangat menyarankan kalau bisa anda atau tim anda sendiri yang membuat Website Bisnis anda.

Kalau anda dan tim anda masih belum bisa membuat Website sendiri, anda bisa ikut pelatihan Membuat Website Bisnis Anda sendiri.

Dengan Training Website Desain yang intensif membuat Website Bisnis sendiri yang profesionnal bisa anda lakukan sendiri tanpa harus terlebih dulu menjadi seorang Programmer IT.

Tidak ada yang salah jika anda memperkerjakan pihak ketiga untuk membuat Website bisnis anda.

Kalau memang anda punya Budget yang cukup dan tidak mau repot membuat website bisnis sendiri.

Jika Website Bisnis Anda di buat oleh Pihak Ketiga sebisa mungkin anda dan tim anda mempunyai akses untuk mengelola Website Bisnis Anda. Karena hanya anda selaku pemilik Bisnis yang paling tahu bagaimana Website anda menghasilkan Penjualan.

Website Designer hanya membantu anda dalam Pembuatan Website, tapi bagaimana  Strategi Website Yang Menghasilkan Penjualan tentulah bukan bidangnya.

dan Tentu saja itu bukan urusannya….!

Inilah yang menggerakkan hati saya untuk mengedukasi para pemilik Website Bisnis seperti anda, Agar mau mengelola Website Bisnis Miliknya sendiri.

Anda dan Tim andalah yang paling bertanggung jawab terhadap kinerja Website Bisnis Anda agar bisa menghasilkan penjualan.

Jangan biarkan Website Bisnis anda hanya menjadi semacam Company Profile saja, yang akhirnya di biarkan mati ( expired ) tanpa di perpanjang karena tidak menghasilkan Penjualan.

Segera Kendalikan Website Bisnis anda agar bisa menjadi Marketing Online yang aktif 24 jam non stop.

Kalau anda memang SERIUS ingin membuat Website Bisnis yang menjadi Mesin penghasil Uang bagi perusahaan Anda. Saya akan bantu anda dalam serial artikel ini…..

… tentang bagaimana Strategi Website Yang Menghasilkan Penjualan sesuai dengan Sales funnel diatas sekaligus mengungkapkan kesalahan kesalahan yang fatal yang menyebabkan website gagal menghasilkan penjualan.

Strategi Website Yang Menghasilkan Penjualan

01. Cara Mendapatkan Traffic Website 02. Mendapatkan Interest dari Traffic 03. Mendapatkan Interaksi dari Interest 04. Konversi Interaksi menjadi Transaksi 05. Penjualan Berulang dan Meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//]]>